PERENCANAAN,INSTRUKSI DAN TEKNOLOGI

PERENCANAAN, INSTRUKSI DAN TEKNOLOGI

RESUME 2


Perencanaan.
Perencanaan Instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran. Robert Yinger mengidentifikasi lima rentang waktu perencanaan guru: Perencanaan tahunan, perencanaan term, perencanaan unit,perencanaan mingguan dan perencanaan harian. Yinger juga merekomendasikan agar guru memperhatikan emapat area ketika merencanakan: tujuan, sumber informasi, bentuk rencana, dan kriteria efektivitas perencanaan.
Perencanaan dan Instruksi Pelajaran Teacher – Learned




Perencanaan Pelajaran Teacher – CenteredMenciptakan sasaran Behavioral ( Behavioral objectives) adalah pernyataan tentang peruba      han yang diharapkan oleh guru akan terjadi dalam kinerja murid. Menganalisis Tugas. Analisis tugas difokuskan pada pemecahan suatu tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen-komponen. Menyusun Taksonomi Instruksional. Taksonomi Bloom dikembangkan oleh Benjamin Bloom dan rekannya; terdiri dari sasaran pendidikan dalam 3 domain  - kognitif,afektif,dan psikomotor. Instruksi langsung adalah pendekatan Teacher – centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru,ekspetasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademik, dan usaha guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid ( Joyce & Weil, 1996).
Perencanaan Dan Instruksi Pelajaran Learned – Centered
Prinsip Learned – Centered





Instruksi dan perencanaan leraned-centered adalah pada siswa, bukan guru. Dalam sebuah studi, persepsi murid terhadap lingkungan pembelajaran yang positif dan hubungan interpersonal dengan guru merupakan faktor paling penting yang memperkuat motivasi dan prestasi murid.
Faktor kognitif dan Metakognitif. Ada enam prinsip, yakni proses pembelajaran, tujuan proses pembelajaran, konstruksi pengetahuan,pemikiran strategis,metakognisi,dan konteks pembeajaran
Faktor Motivasi dan Emosional. Yang terdiri dari pengaruh motivasi dan emosi terhadap pembelajaran, motivasi instrinsik untuk belajar, dan efek motivasi terhadap usaha.
Faktor-faktor sosial dan developmental Terdiri dari pengaruh perkembangan pada pembelajaran, pengaruh sosial terhadap pembelajaran.
Faktor perbedaan individual dan Faktor sosial Developmental.


TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN




Revolusi Teknologi

Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup. Teknologi telah menjadi bagian dari sekolah selama bebrapa dekade,tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban.
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat di akses murid. World Wide Web adalah sistem pengambilan informasi Hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis. Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi. Sebuah studi nasional menemukan bahwa murid kelas 4, 8 dan 12 yang punya komputer internet dirumah memperoleh nilai sains yang lebih tinggi dibandinhkan dengan yang tidak punya. E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus. Internet adalah alat pembelajaran penting dalam proyek kaya teknologi yang disebut Cooperative Networked Educational Community of Tomorrow ( Co-NECT) (Jones,Tasmusen,& Moffit,1997)

Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
Teknologi membawa beberapa isu sosial. Misalnya, akankah penggunaan teknologi disekolah, terutama komputer, akan memperlebar jurang perbedaan antara murid kaya dan miskin, atau antara pria dan wanita? Problem akses komputer dan pemanfaatannya juga diperparah karena makin banyaknya komputer dirumah keluarga kelas menengah atas.
Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam akses dan penggunaan komputer (Gipson,1997;Sheffeild,1997):
- Saring materi teknologi untuk mengilangkan bias gender,kultural dan etnis.
- Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif untuk semua murid dari semua latar belakang gender, etnis, dan kultural.
- Beri murid informasi tentang pakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda yang menggunakan teknologi secara efektif didalam kehidupan dan karier mereka.
- Berbicaralah dengan orang tua tentang pemberian aktivitas belajar berbasis komputer dirumah.

Standar Untuk Murid yang “Melek Teknologi”
Pra-taman Kanak-kanak Sampai Grade Dua
- Gunakan alat input dan output dalam mengoperasikan komputer.
- Gunakan variasi media dan teknologi untuk mengarahkan  aktivitas pembelajaran yang independen
- Gunakan sumber daya multimedia yang pas, seperti buku interaktif, software pendidikan untuk mendukung pembelajaran
- Kerjasama dengan teman, dan orang lain saat menggunakan teknologi
- Tunjukkan perilaku etis dan sosial



Grade 3 sampai 5
- Gunakan Keyboard dan alat input secara efektif
- Gunakan alat teknologi  untuk kegiatan menulis dan berkomunikasi
- Gunakan telekomunikasi secara efektif untuk mengakses informasi ditempat yang jauh.
- Gunakan telekomunikasi untuk berpartisipasi dalam proyek pembelajaran bersama
- Gunakan sumber daya teknologi untuk aktivitas pemecahan masalah dan pembelajar



Grade 6 sampai 8
- Aplikasi strategi untuk mengidentifikasi dan memecahkan problem Hard-ware dan soft ware dalam penggunaan sehari-hari.
- Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi dan efeknya terhadap lapangan kerja.
- Gunakan alat spesifik,software,dan simulasi untuk mendukung pembelajaran.
- Desain, kembangkan,publikasikan, dan paparkan produk
- Teliti dan evaluasi akurasi, relevansi,dan bias dari sumber informasi elektronik yang berkaitan dengan problem dunia nyata.


Grade 9 sampai 12
- Identifikasi kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi kontemporer dan nilailah potensi sistem dan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan personal
- Gunakan sumber daya teknologi untuk mengelola dan mengkomunikasikan informasi personal dan profesional.
- Gunakan informasi online secara rutin dan memenuhi kebutuhan riset,publikasi dan komunikasi
- Pilih dan aplikasikan alat teknologi untuk riset, analisis informasi, dan pemecahan problem.


Comments

Popular posts from this blog

PENGELOLAAN KELAS

ANDRAGOGI DAN PENDAGOGI

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL