PERENCANAAN,INSTRUKSI DAN TEKNOLOGI
PERENCANAAN,
INSTRUKSI DAN TEKNOLOGI
RESUME 2
Perencanaan.
Perencanaan
Instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan
tertata untuk merencanakan pelajaran. Robert Yinger mengidentifikasi lima
rentang waktu perencanaan guru: Perencanaan tahunan, perencanaan term,
perencanaan unit,perencanaan mingguan dan perencanaan harian. Yinger juga
merekomendasikan agar guru memperhatikan emapat area ketika merencanakan:
tujuan, sumber informasi, bentuk rencana, dan kriteria efektivitas perencanaan.
Perencanaan
Dan Instruksi Pelajaran Learned – Centered
Prinsip
Learned – Centered
Instruksi
dan perencanaan leraned-centered adalah pada siswa, bukan guru. Dalam sebuah
studi, persepsi murid terhadap lingkungan pembelajaran yang positif dan
hubungan interpersonal dengan guru merupakan faktor paling penting yang
memperkuat motivasi dan prestasi murid.
Faktor kognitif dan
Metakognitif. Ada enam prinsip, yakni proses pembelajaran, tujuan proses
pembelajaran, konstruksi pengetahuan,pemikiran strategis,metakognisi,dan
konteks pembeajaran
Faktor Motivasi dan
Emosional. Yang terdiri dari pengaruh motivasi dan emosi terhadap pembelajaran,
motivasi instrinsik untuk belajar, dan efek motivasi terhadap usaha.
Faktor-faktor sosial
dan developmental Terdiri dari pengaruh perkembangan pada pembelajaran,
pengaruh sosial terhadap pembelajaran.
Faktor perbedaan
individual dan Faktor sosial Developmental.
Revolusi Teknologi
Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup. Teknologi telah menjadi bagian dari sekolah selama bebrapa dekade,tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban.
Internet
adalah
inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan
komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tak
terhingga yang dapat di akses murid. World
Wide Web adalah sistem pengambilan informasi Hypermedia yang menghubungkan
berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis. Website adalah lokasi individu atau
organisasi di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh
individu atau organisasi. Sebuah studi nasional menemukan bahwa murid kelas 4,
8 dan 12 yang punya komputer internet dirumah memperoleh nilai sains yang lebih
tinggi dibandinhkan dengan yang tidak punya. E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian
penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau
dari banyak individu sekaligus. Internet adalah alat pembelajaran penting dalam
proyek kaya teknologi yang disebut Cooperative Networked Educational Community
of Tomorrow ( Co-NECT) (Jones,Tasmusen,& Moffit,1997)
Teknologi membawa
beberapa isu sosial. Misalnya, akankah penggunaan teknologi disekolah, terutama
komputer, akan memperlebar jurang perbedaan antara murid kaya dan miskin, atau
antara pria dan wanita? Problem akses komputer dan pemanfaatannya juga
diperparah karena makin banyaknya komputer dirumah keluarga kelas menengah
atas.
Berikut adalah beberapa
rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam akses dan
penggunaan komputer (Gipson,1997;Sheffeild,1997):
- Saring materi teknologi untuk
mengilangkan bias gender,kultural dan etnis.
- Gunakan teknologi sebagai alat untuk
menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif untuk semua
murid dari semua latar belakang gender, etnis, dan kultural.
- Beri murid informasi tentang pakar
dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda yang menggunakan teknologi
secara efektif didalam kehidupan dan karier mereka.
- Berbicaralah dengan orang tua tentang
pemberian aktivitas belajar berbasis komputer dirumah.
Standar
Untuk Murid yang “Melek Teknologi”
Pra-taman
Kanak-kanak Sampai Grade Dua
-
Gunakan alat input dan output dalam mengoperasikan komputer.
-
Gunakan variasi media dan teknologi untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran yang independen
-
Gunakan sumber daya multimedia yang pas, seperti buku interaktif, software
pendidikan untuk mendukung pembelajaran
-
Kerjasama dengan teman, dan orang lain saat menggunakan teknologi
-
Tunjukkan perilaku etis dan sosial
Grade
3 sampai 5
-
Gunakan Keyboard dan alat input secara efektif
-
Gunakan alat teknologi untuk kegiatan
menulis dan berkomunikasi
-
Gunakan telekomunikasi secara efektif untuk mengakses informasi ditempat yang
jauh.
-
Gunakan telekomunikasi untuk berpartisipasi dalam proyek pembelajaran bersama
-
Gunakan sumber daya teknologi untuk aktivitas pemecahan masalah dan
pembelajar
-
Aplikasi strategi untuk mengidentifikasi dan memecahkan problem Hard-ware dan
soft ware dalam penggunaan sehari-hari.
-
Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi dan efeknya
terhadap lapangan kerja.
-
Gunakan alat spesifik,software,dan simulasi untuk mendukung pembelajaran.
-
Desain, kembangkan,publikasikan, dan paparkan produk
-
Teliti dan evaluasi akurasi, relevansi,dan bias dari sumber informasi
elektronik yang berkaitan dengan problem dunia nyata.
Grade 9 sampai 12
-
Identifikasi kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi kontemporer dan
nilailah potensi sistem dan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan personal
-
Gunakan sumber daya teknologi untuk mengelola dan mengkomunikasikan informasi
personal dan profesional.
-
Gunakan informasi online secara rutin dan memenuhi kebutuhan riset,publikasi
dan komunikasi
-
Pilih dan aplikasikan alat teknologi untuk riset, analisis informasi, dan
pemecahan problem.
Comments
Post a Comment