3 Jenis Kepribadian Manusia





Hay...Hay...
Selamat pagi semuanya. Pagi yang cerah untuk hari yang indah :)

Oiyah, disini saya ingin membahas mengenai Personality teman-teman. Bicara mengenai kepribadian memang sangat menarik perhatian ya. Ini adalah salah satu alasan kenapa saya memilih untuk masuk Jurusan Psikologi.
 Seperti yang kita ketahui, manusia itu memiliki sifat,karakter dan watak yang berbeda-beda yang akan mencerminkan kepribadiannya. Ada 3 Jenis kepribadian pada umumnya. Yaitu Introvet,Ambievert,dan Extrovert. Kenyataannya, masyarakat lebih cenderung hanya sering mendengar Istilah Introvert dan Extrovert aja ya kan. Jadi biar gak cuman tahu sebagian aja, mari kita bahas bersama sama Jenis Kepribadian manusia itu :)


1. Introvert ( Introversion )
     Merupakan Kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini lebih cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah tipe orang yang lebih suka berpikir dan sedikit beraktivitas.
Ciri-ciri orang Introvert adalah :

  •  Senang menyendiri
  • Pemikir
  • Pemalu
  • Pendiam
  • Lebih senang bekerja.
  • Cenderung memiliki teman yang sedikit
  • Lebih suka mendengar curhat oranglain dari pada meceritakan curhatan nya sendiri ke oranglain.
  • Berpikir dulu baru berbuat.


2. Extrovert ( Extraversion )
Merupakan Kebalikan dari introvert. Manusia dengan kepribadian Extrovert lebih berkaitan dengan dunia luar manusia tersebut. Mereka lebih cenderung membuka diri dengan dunia luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak beraktifitas dan lebih sedikit berpikir.
Ciri-ciri Extrovert adalah ;



  • Lebih senang bersama orang
  • Percaya diri
  • Aktif
  • Lebih senang bekerja kelompok
  • Gampang bergaul dan cenderung memiliki banyak teman
  • Berbicara/melakukan dulu baru berpikir.
  • Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan kata kata.



3. Ambiviert ( Ambiversion )
     Merupakan kepribadian manusia yang memiliki kepribadian dua,yaitu Introvert dan Ekstrovert. Orang dengan kepribadian ini dapat berubah-ubah dari introvert menjadi extrovert dan sebaliknya.Memiliki kepribadian Ambiviert ini bisa kita katakan baik. karena sifat nya fleksibel. Dia tidak seperti Introvert  susah bergaul dan sebaliknya. Namun kekurangan nya adalah mereka sering terlihat aneh akibat mood nya yang sering berubah-ubah.

   Nah, Sudahtau kan apa itu Introvert,Extrovert,dan Ambievert?...

 Kalau saya pribadi sih, saya lebih cenderung tipe orang yang introvert. Karena saya lebih suka mengerjakan sesuatu itu dengan sendiri. Saya juga tidak suka terlalu banyak ngomong. Hahahaha...

Baiklah Cukup sekian yang bisa saya sharingkan untuk topik ini. Namun kalau teman-teman belum paham betul dengan topik ini, teman-teman jangan Khwatir, karena saya akan mengepos sebuah Video dimana saya sendiri akan menjelaskan langsung apa itu kepribadian Introvert,Ambiviert dan Extrovert :)
    Terimakasih sudah berkunjung, Semoga dapat membantu dan nantikan postingan saya selanjutnya ya :)




Comments

Popular posts from this blog

PENGELOLAAN KELAS

ANDRAGOGI DAN PENDAGOGI

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL